Tidak Hanya Estetika, Ini 5 Fungsi Unik Perhiasan pada Zaman Dahulu

            Peradaban manusia yang semakin berkembang, ternyata benar-benar berdampak terhadap semua lini gaya hidup. Salah satunya adalah perhiasan yang ternyata memiliki fungsi lain selain menambah keindahan pada pemakainya.

5 Fungsi Unik Perhiasan pada Zaman Dahulu

            Tahukah Anda? Bahwa pada zaman dahulu, perhiasan tidak dihargai karena estetikanya, melainkan adanya fungsi lain yang melekat padanya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Bekal kubur

Berdasarkan temuan dari arkeolog, banyak makam di zaman prasejarah yang menggunakna perhiasan sebagai bekal di alam kubur. Di Indonesia, umumnya perhiasan ini terbuat dari cangkang kerang, tetapi di Yunani kabarnya berupa logam mulia sehingga menjadi incaran pencari harta karun.

2. Perlengkapan penari

Penari tradisional Indonesia selalu menggunakan perhiasan di setiap panggungnya. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana lebih meriah dan mewah. Sangking pentingnya, perhiasan ini sellau ditematkan di kotak perhiasan khusus agar tidak rusak ata hilang.

3. Penolak bala

Menjadikan perhiasan sebagai penolak bala bukanlah isapan jempol belaka. Seperti kalung yang dipakai oleh suku Sasak di pulau Lombok. Mereka menggunakan rangkaian kalung yang terbuat dari perak, emas, batu mulia, uang lempeng, dan manik-manik dengan bentuk-bentuk tertentu. Siapa yang memakainya dipercaya akan terhindar dari ancaman bahaya.

4. Simbol status

Symbol status di sini bukan karena status kebangsawanan saja, melainkan pencapaian yang telah dilakukan. Misalnya seperti di tradisi Nias terdapat kalung yang disebut Kalububu. Tak sembarang orang yang bisa memakainya, hanya mereka yang gagah berani dan telah memukul mundur musuh saja.

5. Sebagai pengobatan

Perhiasan yang digunakan sebagai sarana pengobatan umumnya memang pada dasarnya memiliki kekuatan magis. Contohnya batu safir biru yang dipercaya dapat mengobati penyakit menular, penyakit kulit, tolak racun, dan mencegah kerusakan mata akibat penyakit cacar.

Dari kelima fungsi di atas, tak heran jika perhiasan memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Perhiasan tidak bisa sembarang diletakkan di mana saja. Diperlukan kotak perhiasan yang kokoh untuk melindunginya.

Leave a Comment