Pentingnya Sistem HRD yang Baik di Era Digital untuk Kemajuan Perusahaan

Bisnis yang terus berkembang menjadikan perusahaan harus terus berinovasi untuk dapat bertahan dalam persaingan. Salah satu inovasinya yaitu melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi pendukung penting untuk keberlanjutan bisnis perusahaan. Perubahan SDM dapat dilakukan melalui transformasi digital bisnis dengan memanfaatkan sistem HRD yang baik.

Dalam bertransformasi, perubahan SDM juga perlu diperhatikan karena arus informasi digital yang semakin cepat membuat yang lambat jadi penghambat. Staf dan manajer HRD setidaknya harus memiliki kemampuan literasi digital yang mumpuni sehingga bisa beradaptasi dan berperan secara optimal dalam memanfaatkan teknologi melalui penggunaan sistem HRD yang baik.

Penggunaan aplikasi menjadi sebuah kebutuhan tersendiri apalagi dengan perubahan situasi seperti kondisi pandemi kini. Kebijakan terkait pencegahan penyakit COVID-19 tidak memungkinkan seluruh karyawan masuk kantor seperti biasa. Perubahan ini akan berdampak pada sistem HRD perusahaan dalam mengatur jam kerja karyawannya berdasarkan peraturan yang berlaku. Sistem lama perlu diganti dengan aplikasi absensi yang contactless.

Pentingnya Sistem Absensi

Sistem absensi berkaitan langsung dengan perhitungan produktivitas waktu kerja yang nantinya akan menentukan dasar perhitungan gaji. Terutama jika perusahaan Anda menerapkan kebijakan jam kerja yang berbeda pada kondisi bekerja dari rumah atau kantor. Absensi karyawan harus dapat dilakukan secara mobile sesuai dengan kondisi saat ini.

Sistem HRD yang baik dapat menjadi pilihan utama di masa sekarang. Aplikasi ini dapat membuat kerja tim HRD lebih efisien dan efektif. Karyawan tak perlu menginformasikan absensi dan laporan kerja secara manual sehingga HRD tidak perlu bekerja ekstra untuk hal administratif ini.

Keunggulan Sistem HRD yang baik

Talenta merupakah salah satu pilihan sistem HRD yang baik terbaik di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti sistem absensi mobile bagi karyawan dengan perpaduan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik face recognition ketika karyawan melakukan absen.

Dengan teknologi GPS secara online, aplikasi absensi ini dapat menawarkan kemudahan dan dapat menjawab tantangan HRD saat ini. Talenta dapat memastikan tingkat keakuratan tinggi dan mencegah pemalsuan lokasi kerja dari karyawan. HRD juga tidak akan ribet dalam hal pengecekan data karena prosesnya yang cepat serta real-time dan langsung tercatat.

Talenta juga dilengkapi dengan fitur absensi canggih. Titik lokasi absensi dapat dilakukan di seluruh dunia yang akan memudahkan perusahaan dengan tipe karyawan yang beragam. Fitur absensi Talenta tidak terbatas pada sistem biometrik saja, melainkan dapat juga dilakukan secara mobile melalui gawai dengan mengunggah foto selfie sebagai bukti absensi.

Fleksibilitas ini memudahkan karyawan dan juga HRD karena menghemat waktu dan meminimalisir human error. Tidak perlu lagi absen dengan manual, mesin ceklok, atau mesin fingerprint lagi.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur timesheet yang dapat memudahkan karyawan dalam mengatur daftar pekerjaannya. Perusahaan juga dapat dengan mudah memantau manajemen waktu tiap pekerjaan pada karyawannya. Fitur ini juga memudahkan karyawan untuk berkolaborasi dengan anggota timnya walaupun tidak bekerja dalam satu kantor. Hal ini otomatis membuat karyawan dapat bekerja dengan lebih teliti karena semua perkerjaan dapat termonitor progress-nya secara langsung oleh semua anggota tim.

Penghematan anggaran dan kesehatan karyawan

Adanya jangkauan internet dan munculnya system cloud sangat mendukung sistem HRD yang baik yang minim biaya perawatan sistem. Perusahaan tak perlu mengalokasikan bujet khusus untuk membeli dan merawat hardware seperti hardisk untuk menyimpan semua dokumen karyawan yang ada. Selain itu, karena sistem absen online ini, perusahaan bisa lebih hemat dalam pengadaan kertas.

Absensi online dengan Talenta juga membantu perusahaan untuk mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Dengan sistem contactless-nya, Talenta dapat mencegah penularan COVID-19 di area perkantoran dengan pembatasan kontak antar karyawan. Jika absensi lama masih dilakukan secara manual, karyawan memiliki kemungkinan tertular karena saling berkontak langsung melalui mesin. Dengan Talenta, kesehatan karyawan akan lebih terjamin!

Keberlanjutan bisnis dalam menghadapi segala perubahan kondisi dapat terus dilakukan dengan produktivitas kerja karyawan yang termonitor dengan baik. Talenta mampu memenuhi kebutuhan perusahaan terkait urusan administrasi HRD terutama dalam kondisi pandemi saat sekarang dan menjawab tantangan digital agar dapat terus bersaing.

Tips Cara Memilih Sistem HRD Terbaik

HRD memiliki tanggung jawab perihal pengelolaan karyawan. HRD harus menangani penggajian, pencatatan absensi, rekrutmen, pengelolaan kinerja karyawan, penyusunan pelatihan dan pengembangan karyawan, menengahi konflik internal antar karyawan, dan lainnya.

Namun, jumlah karyawan yang sangat banyak menjadi kendala tersendiri. HRD akhirnya sering pusing kepala disebabkan oleh pengelolaan karyawan yang rumit dan tidak efektif. Sistem HRD yang baik Terbaik dapat menyederhanakan proses pengelolaan karyawan.

Banyak perusahaan memilih vendor dari luar perusahaan untuk mengimplementasikan sistem HRD yang baik terbaik. Apakah perusahaan memilih aplikasi sistem HRD yang baik terbaik yang tepat?

Berikut tips memilih dan membeli sistem HRD yang baik terbaik untuk sebuah perusahaan

1. Berbasis online

Aplikasi berbasis online jauh lebih mudah digunakan daripada aplikasi yang harus dipasang dalam sebuah perangkat keras. Sehingga HRD dapat melihat dan mengelola karyawan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu lagi harus datang ke kantor untuk mengelola karyawan. Kecanggihan ini sangat berguna bagi perusahaan yang menerapkan sistem remote working.

2. Mengikuti perubahan seputar ketenagakerjaan.

Perubahan seputar ketenagakerjaan akan mempengaruhi pengelolaan karyawan. Sehingga sistem aplikasi wajib beradaptasi dan diperbaharui agar sama peraturan ketenagakerjaan terbaru. Hal ini berguna agar perusahaan tidak mengalami masalah hukum di kemudian hari.

3. Terintegrasi dengan baik

Aplikasi yang terintegrasi baik mempunyai sistem yang mampu memproses semua kegiatan administrasi HRD. Contohnya, sistem HRD yang baik terbaik harus terintegrasi dengan sistem penggajian dan kehadiran agar dapat saling berkesinambungan dengan baik.  Jadi HRD tidak perlu lagi melakukan entry manual setiap bulan.

4. Sesuai UU Ketenagakerjaan

UU ketenagakerjaan mengatur bagaimana kewajiban perusahaan terhadap karyawan. Pilih aplikasi yang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan dan berbagai regulasi. Dengan begitu HRD dan perusahaan dapat terhindar dari masalah hukum di kemudian hari.

5. Aman dan rahasia

Informasi karyawan bersifat konfidensial dan harus dijaga keamanan dan kerahasiaannya. Jangan sampai data dan informasi ini justru jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Keamanan dan kerahsiaan informasi didukung dengan cloud based server. Sehingga perusahaan tidak perlu risau mengenai kebocoran data.

6. Layanan pelanggan yang sigap.

Vendor yang baik adalah vendor yang sigap dan melayani segala kebutuhan client. Hal ini dapat dilihat pertama kali saat perusahaan menghubungi vendor yang bersangkutan.

Layanan yang baik akan membantu perusahaan untuk segera menyelesaikan hambatan selama penggunaan sistem HRD yang baik.

Talenta menyediakan sistem HRD yang baik terbaik yang dapat membantu HRD menyelesaikan tugas-tugasnya.

Talenta berhasil membantu banyak client dari berbagai industri. Maka dari itu, kemampuan dan keandalan Talenta pun tidak dapat diragukan lagi.

Semua kerahasiaan dan keamanan informasi karyawan yang digunakan dalam pengelolaan karyawan dijamin hanya digunakan untuk mengelola karyawan. Jangan ragu untuk mempercayakan pengelolaan kinerja bersama Talenta! Penasaran dengan Talenta? Segera Kunjungi websitenya

Leave a Comment