Atasi Berbagai Kendala Kepegawaian Dengan Software HR

Dengan Software HR, berbagai kendala HRD ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan software HR yang tak hanya membantu pekerjaan administratif melainkan efisien pekerjaan.

Karena tenaga kerja saat ini menjadi lebih dinamis dan beragam, manajemen HRD menjadi lebih menantang. Strategi HRD konvensional tidak lagi efektif. Tingkat pengangguran rendah, yang berarti bisnis harus meningkatkan operasi HRD mereka untuk menarik dan mempertahankan karyawan berbakat. Menggunakan HR software Indonesia membantu Perusahaan mengatasi kendala HRD dan menyediakan lingkungan kerja yang tepat bagi karyawan Anda.

4 Kendala HRD ini bisa diatasi dengan Software HR

Berikut adalah empat kendala HRD teratas yang dihadapi dan bagaimana software HR dapat membantu mengatasinya:

1. Mengembangkan pengalaman orientasi yang efisien

Sebagian besar waktu, program orientasi berlangsung selama satu atau dua hari, membuat mereka bingung dan tidak puas. Proses orientasi yang tidak efektif dapat membawa konsekuensi finansial bagi Perusahaan Anda karena peningkatan pergantian karyawan. Kandidat yang tidak puas dengan orientasi yang mereka terima cenderung keluar dari Perusahaan dalam waktu satu tahun.

Dengan software HR, seluruh proses orientasi dapat sepenuhnya otomatis. Semuanya mulai dari mengirim surat penawaran hingga mengalokasikan lokasi meja dapat dilakukan dengan fitur orientasi. Fitur ini juga membuat komunikasi antara karyawan baru dan lama menjadi mulus, yang merupakan kunci untuk membantu karyawan baru Anda menyesuaikan diri dengan kondisi kerja.

Ini memungkinkan Anda untuk menayangkan video tentang Perusahaan, memberikan deskripsi singkat tentang tujuan atau nilai Perusahaan, dan menyertakan pesan sambutan hangat untuk karyawan baru. Selain itu, mengelola dokumen orientasi itu sederhana karena semua dokumen yang diperlukan ada di lokasi pusat.

Ini membantu departemen HRD Anda menghindari kebingungan dan membuat proses dokumentasi menjadi lebih cepat. Akses mudah ke buku pegangan karyawan, kebijakan organisasi, manual prosedur, dan apa pun yang Anda butuhkan juga dipastikan dengan fitur orientasi.

2. Memberikan kesempatan pelatihan dan pengembangan yang tepat

Sebagai manajer HRD, Anda mungkin menyadari kesulitan yang terkait dengan penerapan program pelatihan dan pengembangan karyawan. Memilih topik pelatihan yang tepat untuk memenuhi beragam kebutuhan dan minat tenaga kerja multigenerasi saat ini bisa jadi sulit. Setiap kursus yang Anda investasikan harus dianggap bermanfaat oleh karyawan.

Jika program tidak dirancang dengan mempertimbangkan karyawan Anda, mereka tidak akan menganggapnya menarik. Anda juga harus mengalokasikan waktu dan sumber daya yang memadai untuk program pelatihan. Jika tidak, karyawan mungkin tidak memperhatikan atau memprioritaskan program pelatihan karena jadwal mereka yang padat.

Dengan menggunakan software ini, kendala HRD berupa program pelatihan dan pengembangan dapat disederhanakan di berbagai departemen. Gaya belajar berbeda yang sesuai dengan preferensi karyawan yang berbeda-beda dapat diterapkan.

Pelatihan dapat disesuaikan menurut kebutuhan individu, dan kemajuan karyawan serta efektivitasnya dapat dengan mudah dilacak. Banyak karyawan juga dapat dilatih sekaligus, mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk program ini. Anda dapat menyederhanakan seluruh proses pembelajaran dengan solusi ini.

3. Mengurangi pergantian karyawan

Tingkat turnover adalah salah satu perhatian utama departemen HRD di seluruh dunia. Kurangnya pengembangan karir, keterlibatan karyawan, dan feedback kinerja adalah alasan utama mengapa karyawan berhenti dari pekerjaan mereka. Ketika karyawan meninggalkan Perusahaan, banyak waktu dan uang yang harus dihabiskan untuk merekrut dan melatih karyawan baru.

Karyawan berpengalaman yang tetap bersama Perusahaan harus tiba-tiba membagi upaya mereka untuk melatih orang baru, dan produktivitas akan berkurang. Tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi juga merusak citra Perusahaan Anda di dunia corporate dan dapat berdampak negatif pada proses rekrutmen.

Kurangnya keterlibatan karyawan adalah salah satu alasan utama peningkatan pergantian karyawan. Dengan fitur software ini, keterlibatan karyawan dapat ditingkatkan. Misalnya, fitur orientasi memberi karyawan akses ke semua alat, dokumen, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk karyawan baru.

Fitur portal layanan mandiri karyawan memberdayakan karyawan untuk melacak dan memelihara aktivitas kerja mereka sendiri tanpa bergantung pada departemen HRD mereka. Sebuah fitur manajemen kinerja memungkinkan Anda untuk memberikan dan menerima feedback secara realtime.

4. Mengurangi pekerjaan manual administrasi HRD

Mengelola pekerjaan administratif secara manual bisa melelahkan dan memakan waktu. Mengelola absensi karyawan dengan spreadsheet sangat tidak nyaman. Melakukan pekerjaan manual sering kali menyebabkan banyak kesalahan.

Mengelola semua data karyawan secara manual menjadi tidak dapat dilakukan seiring pertumbuhan Perusahaan karena data tidak dapat dimodifikasi dengan mudah dan seringkali lebih rentan terhadap pencurian.

Dengan software ini, semua operasi administratif dapat sepenuhnya otomatis, meningkatkan efisiensi proses HRD Anda. Dokumen manual sebagian besar dapat dikurangi, dan dokumen dapat dibuat dan diakses dengan mudah.

Kinerja, kehadiran, kasus, pembelajaran, waktu istirahat, dan manajemen dokumen semuanya menjadi mudah dan otomatis dengan software ini. Karyawan akan diizinkan untuk lebih fokus pada pekerjaan mereka, menghemat waktu Anda, selain itu software HR mendorong transparansi Perusahaan.

Menggunakan software HR untuk mengatasi kendala HRD Anda dapat memainkan peran besar dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi Perusahaan Anda. Ini merampingkan pekerjaan HRD dan memungkinkan manajer untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Software HR Terbaik dari Talenta by Mekari Indonesia

Jika aktivitas HR Anda mulai menjadi pekerjaan rumah atau jika Perusahaan Anda berkembang pesat, sebaiknya gunakan Software HR Talenta by Mekari. Berikan departemen HRD Anda aplikasi yang mereka butuhkan untuk menciptakan tempat kerja yang sehat dan bahagia bagi orang-orang Anda.

Leave a Comment