5 Alasan Mengapa Harus Beli Rumah Di Usia Muda

Memiliki rumah tentu tidak harus menunggu saat umur sudah tua atau ketika sudah menikah. Saat ini bahkan disarankan untuk memiliki rumah di usia muda, karena memang sangat menguntungkan. Beberapa orang mungkin menganggap beli rumah di usia yang masih muda, sulit karena pekerjaan yang belum tetap ataupun alasan lainnya.

Namun bagi yang sudah memiliki dana cukup maka anda wajib tahu bahwa ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat beli rumah di usia yang masih muda atau usia. Apa saja keuntungan yang akan didapatkan?

Beli Rumah Di Usia Muda

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki rumah di usia yang masih muda.

1. Syarat Lebih Mudah

Perlu diketahui jika Anda masih seorang single maka untuk ajukan rumah KPR akan jauh lebih mudah, dibanding Anda sebagai nasabah yang sudah menikah. Karena sudah pasti beli rumah setelah menikah maka harus mengumpulkan berkas-berkas yang dimiliki pasangan pula.

Ini tentu tak akan merepotkan karena Anda tinggal mengumpulkan dokumen penting diri sendiri. Dan pasti pengurusan dokumen jadi lebih mudah dan juga cepat.

2. Tanggungan Lebih Sedikit

Karena belum menikah maka sudah pasti anda belum punya tanggungan istri apalagi anak. Jika ingin beli rumah secara kredit lewat KPR, maka Anda yang belum menikah bisa jadi pertimbangan oleh pihak bank untuk pengajuan kredit lebih mudah.

Alasannya tentu saja karena keuangan Anda masih cukup sehat dan punya anggaran yang cukup untuk bayar cicilan kredit. Karena itu pengajuan kredit, jadi lebih efisien karena bank menyukai tanggungan Anda yang sedikit.

3. Usia Muda Menjadi Prioritas Bank

Tidak hanya karena tanggungan yang sedikit, ternyata usia muda juga menjadi prioritas bank untuk menerima pengajuan KPR. Alasannya tentu saja sebagai nasabah yang masih memiliki usia muda, Anda punya waktu dan tenaga yang lebih besar untuk mencari pendapatan.

Anda masih punya banyak waktu untuk mengatur cicilan, sementara tenaga masih cukup kuat untuk mencari dana agar bisa bayar cicilan tepat waktu.

4. Menjadi Sarana Tabungan Efektif

Di usia muda biasanya sebagian orang relatif lebih sulit untuk menabung. Jika Anda memiliki pendapatan yang cukup maka alternatif menabung yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan KPR. Beli rumah di usia muda bukan berarti Anda harus membelinya secara tunai karena bisa dicicil lewat KPR.

Membayar cicilan secara otomatis dapat membantu Anda untuk menabung, karena memang harus dipaksakan membayar cicilan setiap bulan. Mau tidak mau hal ini menjadi kewajiban Anda sebagai tabungan wajib. Ini sangat efektif untuk membuat Anda tidak boros dan menghabiskan gaji.

5. Merasa Lebih Nyaman

Rasa nyaman disini berhubungan dengan bagaimana ketika nanti anda sudah menikah dan sudah punya rumah maka tentu hidup akan lebih tentram. Setelah resepsi pernikahan, Anda tidak perlu bingung ingin tinggal di mana karena sudah punya tempat tinggal sendiri.

Masih banyak pasangan muda yang setelah menikah hidup mengontrak dan kesulitan untuk punya rumah karena beban finansial yang semakin bertambah.

Kini tentu Anda sudah tahu berbagai kelebihan dengan memilih beli rumah di usia muda. Saat membeli rumah tentu anda perlu pertimbangan yang matang, terlebih untuk mengetahui bagaimana detail rumah. Anda bisa memanfaatkan Sejasa untuk inspeksi rumah agar lebih mengetahui bagaimana visual rumah tersebut secara nyata. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa langsung mengunjungi aplikasi Sejasa dan sejasa.com.

Leave a Comment